Air Terjun Banyumala Bali

Mengunjungi tempat wisata di Pulau Bali memang tidak pernah ada habisnya. Pulau Bali menyediakan berbagai keindahan wisata alam yang menyegarkan mata. Salah satunya yaitu wisata air terjun banyumala. Air terjun banyumala dengan ciri khas tersendiri seperti air kolam yang sangat jernih serta tenang. Berikut ini penjelasan lebih detailnya…

Menengok Keindahan Air Terjun Banyumala

Menenangkan Pikiran

Berapa lama pun Anda memandangi air terjun banyumala dari berbagai sudut pandang, tidak akan pernah membosankan. Terdapat dua sisi air terjun kecil di kanan dan kiri yang mengapit air terjun besar di tengahnya. Air terjun banyumala ini memiliki ketinggian hingga 20 meter. Ketika percikan air terjun mengenai cahaya matahari, pada saat tertentu pun akan menghasilkan pemandangan pelangi yang indah.

air terjun Banyumala

Keindahan Air Terjun Banyumala

Jika Anda sudah sampai di lokasi air terjun banyumala, Anda akan mendapati kolam besar yang terbentuk secara alami, tepat di muara ketiga air terjun. Kolam tersebut memiliki diameter kurang lebih 15 meter. Kolam tersebut sangat jernih dan tenang. Jika dilihat dari atas pun akan terlihat dengan jelas kejernihannya. Sangat disayangkan jika berwisata ke Pulau Bali namun tidak mengunjungi air terjun banyumala.

Air terjun banyumala sangat cocok dijadikan tempat berteduh dari keramaian kota yang panas dan macet. Air terjun banyumala memiliki magnet tersendiri untuk menghilangkan kepenatan akibat suasana kota yang bising.

Rute Menuju Air Terjun Banyumala

Bila Anda ingin menuju tempat wisata air terjun banyumala, Anda harus menempuh jarak 65 km dalam waktu 2,5 jam dari kota Denpasar. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hijau pepohonan dan pemandangan danau yang sejuk. Perjalanan menuju air terjun banyumala ini akan melewati danau beratan yang berada di desa Candikuning dan danau buyan di desa Pancasari.

Sehingga setiap perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Jika Anda berkunjung tepat di bulan Agustus, Anda akan ditemani aroma khas cengkeh atau kopi di setiap perjalanan. Hal ini karena pada bulan Agustus menjadi bulan musim petik kopi dan cengkeh. Saat sampai di pertigaan puncak Wanagiri, Anda harus mengambil arah ke utara menuju danau Tamblingan. Jalan menuju lokasi tempat wisata Bali yang satu ini berada di sebelah timur jalan.

Di sini Anda harus menajamkan mata melihat rutenya, pasalnya penunjuk arah air terjun banyumala hanya berupa papan kecil. Penanda tersebut mengarahkan ke timur dan menuju pemukiman warga sekitar 4 kilometer.  Jalan yang dilewati selanjutnya cukup ekstrim sehingga Anda harus ekstra hati-hati.

Saat Anda berada di ujung jalan, Anda akan diarahkan menuju tempat parkir di sekitar rumah warga. Untuk menuju lokasi air terjun banyuwangi selanjutnya maka Anda harus berjalan kaki. Jika Anda bingung dengan lokasinya, tidak usah segan bertanya kepada warga karena sudah terkenal dengan keramahannya.

air terjun banyumala

Lokasi Air Terjun Banyumala

Jika Anda berencana mengunjungi tempat wisata air terjun banyumala, Anda harus mengunjungi desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Kecamatan Sukasada ini menjadi kawasan dataran tinggi Bali Utara dengan deretan bukit-bukit yang mengelilingi kecamatan tersebut. Air terjun banyumala terletak diantara bukit-bukit di kecamatan Sukasada.

Kecamatan Sukasada yang memiliki luas sekitar 173 km persegi sudah dikenal dengan keindahannya akan air terjun banyumala. Selain air terjun banyumala, ada air terjun lain seperti air terjun gitgit, air terjun munduk, air terjun aling-aling, dan masih ada berbagai air terjun indah lainnya.