Brahma Vihara Arama Bali

Keragaman budaya di Bali terutama bidang agama, sangat tinggi toleransinya. Salah satunya bisa Anda lihat di Puja Mandala Nusa Dua yang terdapat 5 buah tempat suci yang berada dalam satu komplek. Di sini sangat terlihat kerukunan antar umat beragama yang sangat baik. Salah satu tempat ibadah bagi agama Budha di Bali yaitu wihara bernama Brahma Vihara Arama Bali.

Wisata Religi di Brahma Vihara Arama Bali

Sejarah Brahma Vihara Arama

Brahma vihara pertama kali dibangun oleh Bante Rakhito Mahatera di desa Banjar Tegeha, kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng. Sehingga sering juga dipanggil dengan nama Wihara Budha Banjar. Untuk wisatawan, tempat ini menjadi tempat yang menarik karena selain sebagai tempat ibadah juga menjadi tempat wisata di kawasan Buleleng.

Wihara Vihara Arama Bali dibangun pertama kali sejak tahun 1970, kemudian pada tahun 3 berikutnya sudah diresmikan sebagai tempat ibadah atau wihara untuk orang Budha. Saat ini bahkan menjadi tempat wihara terbesar di Pulau Bali.

Brahma Vihara Arama

Tempat Suci yang Menenangkan

Banyak orang menganggap tempat ibadah Budha Brahma Vihara sebagai tempat suci yang menyajikan ketenangan dan sangat ideal untuk meditasi. Untuk arsitektur wihara tidak meninggalkan ciri khas Bali. Di kawasan ini juga terdapat salah satu candi Borobudur mini, sehingga menambah kesan cantik dan unik.

Dari keunikan bentuk ini menjadikan wisatawan tertarik untuk mengeksplore keindahan wihara. Terlebih bagi mereka yang menyukai wisata rohani, pasti akan menyukai tempat ini.

Pemandangan di Brahma Vihara

Brahma Vihara sempat mengalami perluasan, sehingga saat ini memiliki luas sekitar 4 hektar yang dikelola oleh yayasan Giriakkhito Mahathera. Nama wihara ini terdiri dari tiga kata yaitu Brahma, Vihara, dan Arama. Nama tersebut memiliki arti tersendiri. Brahma memiliki arti mulia, luhur, teruji, dan agung. Vihara memiliki arti cara hidup, sedangkan Arama memiliki arti tempat.

Sehingga jika digabungkan ketiga kata tersebut memiliki makna sebuah tempat yang digunakan untuk melatih diri serta menempa perilaku mulia dan luhur. Sehingga tidak salah jika wihara ini menjadi tempat atau pusat meditasi terbaik di Indonesia bagi pemeluk agama Budha.

Brahma Vihara Arama Bali

Komplek Brahma Vihara Arama

Secara garis besar, wihara ini dibagi menjadi 5 komplek. Yang pertama Uposatha Gara yang berlokasi di sebelah barat. Kedua yaitu bagian sisi timur yang terdapat ruang belajar. Ketiga ada stupa yang berlokasi di barat laut. Keempat ada pohon bodi di sebelah barat daya yang merupakan simbol kemenangan Budha. Serta terakhir ada bangunan Kuti, sebuah tempat tinggal latihan para biksu.

Wihara Brahma Vihara Arama merupakan tempat ibadah untuk orang Budha. Tempat ini sangat tenang dan nyaman karenan bangunannya yang indah. Untuk orang muslim masih bisa berkunjung ke wihara ini namun hanya sekedar berwisata dan tidak dengan niatan beribadah.

Lokasi Brahma Vihara Arama Bali

Lokasi wihara Brahma Vihara Arama ini terletak pada sebuah dataran tinggi perbukitan. Sehingga suasananya menjadi tenang, sepi, dan nyaman. Pemandangan yang disajikan juga sangat indah karena berdekatan dengan salah satu obyek wisata di kabupaten Buleleng. Berjarak 11 km, Anda akan melihat wisata Lovina Beach yang merupakan wisata rekreasi melihat lumba-lumba.

Selain berdekatan dengan wisata lovina bech, wihara ini juga berdekatan dengan pemandian air panas. Sehingga bisa Anda kunjungi sembari berkunjung ke tempat wisata Bali yang lain. Jika Anda berencana memiliki agenda tour ke wilayah Bali Utara, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi wisata Brahma Vihara Arama.