Danau Batur Bali

Kintamani, sebuah wilayah di Pulau Bali yang cukup sering terdengar oleh telinga kita. Ya, nama daerah tersebut memang lekat dengan judul lagu dari sebuah grup band ternama di tanah air. Nyatanya memang Kintamani menyimpan keindahan alam yang eksotis dengan adanya Danau Batur di sana.

Sebuah danau yang terhampar indah dengan pemandangan gunung di dekatnya. Danau Batur memang tidak bisa dipisahkan dengan Gunung Batur yang membuatnya semakin cantik.Bali yang identik dengan pantai ternyata menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Ke Bali tidak harus melulu menghabiskan waktu menikmati deburan ombak dan semilirnya angin laut.

Tempat wisata Bali yang lainnya juga layak untuk dijelajahi seperti Danau Batur ini contohnya. Terlebih lagi bagi Anda yang memang menyukai suasana sejuk pedesaan, mengunjungi Kintamani menjadi pilihan yang tepat. Sebelum berkunjung ke Danau Batur dan melihat eksotisme alam di sana, ada baiknya ketahui dulu hal-hal penting yang patut dicatat.

Catatan Penting tentang Danau Batur

Lokasi Danau Batur

Danau Batur dan juga Gunung Batur yang setia menemaninya berada di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli tepatnya di Desa Penelokan Utara. Untuk mencapai tempat ini memerlukan perjalanan selama 2 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar. Sedangkan jika perjalanan dimulai dari Singaraja memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

danau batur

Alat Transportasi

Banyak alternatif alat transportasi yang bisa digunakan untuk menuju kawasan Danau Batur di Kintamani. Salah satunya dengan menggunakan kendaraan dari agen perjalanan yang ada di sana. Bisa juga menempuh perjalanan dengan menyewa mobil atau motor. Tarif sewa kendaraan pada umumnya sebesar Rp. 500.000 per hari untuk mobil dan Rp. 50.000 per hari untuk motor.

Rute Perjalanan yang Menyenangkan

Perjalanan menuju Danau Batur adalah rute yang menyenangkan karena kesejukan udaranya. Anda akan diajak melalui jalur dengan rute yang berkelok-kelok khas pegunungan berikut dengan pemandangan alamnya yang indah. Jika ingin lebih leluasa dalam menikmati kesejukan udaranya, perjalanan menggunakan motor lebih menyenangkan.

Danau Kaldera Aktif yang Indah

Sebenarnya apa yang membuat Danau Batur memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan danau pada umumnya? Jawabannya karena adanya kaldera aktif yang tidak bisa ditemukan di danau lainnya. Kaldera aktif di Danau Batur ini disebabkan oleh adanya letusan besar dari Gunung Batur yang berada di dekatnya. Kaldera aktif yang berasal dari Gunung Batur tersebut akan membuat warna air danau berubah-ubah disebabkan adanya kandungan belerang di dalamnya.

danau batur

Danau Terbesar di Bali

Hal menarik apa lagi dari Danau Batur yang ada di Kintamani tersebut selain memiliki kaldera aktif? Selain kaldera aktif, Danau Batur merupakan danau terbesar di Pulau Bali dengan kedalaman 65 meter dan luas total mencapai 16 kilometer persegi. Semua itu disebabkan oleh karena adanya dampak dari letusan besar yang terjadi pada Gunung Batur sehingga terbentuklah danau indah tersebut.

Danau Batur Sebagai Global Geopark Network

Ada satu lagi keistimewaan yang dimiliki oleh Danau Batur yaitu diakuinya danau tersebut sebagai Global Geopark Network yang ditetapkan oleh UNESCO. Tentu saja PBB tidak sembarangan dalam memberikan pengakuan internasional tersebut.

Tarif Masuk Danau Batur

Untuk bisa menikmati keindahan alam dan eksotisme Danau Batur beserta Gunung Batur cukup merogoh kocek yang terbilang murah meriah. Hanya dengan biaya sebesar Rp. 15.000 per orang kita sudah bisa menikmati sejuknya udara di sekitar Danau Batur. Jika merasa lapar Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar tempat wisata tersebut banyak resto yang siap menyajikan aneka kuliner khas Bali.

Lokasi Danau Batur