Desa Celuk Bali Pusat Pengrajin Perhiasan Perak

Desa Celuk di Bali adalah desa dengan nuansa tradisional yang terletak dekat Ubud di Kabupaten Gianyer. Di desa ini Anda dapat merasakan wisata gunung yang dalam banyak hal mirip dengan daerah tradisional Ubud dan desa-desa di sekitar Ubud. Tapi ada satu hal yang menjadi kelebihan Desa Celuk, karena Desa Celuk terkenal dengan kerajinan perhiasan emas dan perak yang luar biasa indah dan harga yang murah.

Jika anda pergi ke daerah Sukawati Anda bisa melihat bahwa pengrajin di sini mempunyai standar yang sangat tinggi. Anda bisa membeli barang di sini secara eceran ataupun secara grosir. Desa ini menawarkan kenyamanan karena laju kehidupan masyarakat desa ini sangat lambat sehingga terasa begitu damai.

Di desa Celuk juga tersedia butik ataupun hotel yang bisa menjadi pilihan akomodasi anda jika anda mau menginap di desa Celuk ini. Desa ini sudah mempunyai fasilitas yang cukup baik untuk para wisatawan yang datang berburu perhiasan perak di desa ini.

Anda bisa sampai desa Celuk ini dengan menempuh perjalanan sejauh 8 kilometer dari kota Denpasar. Desa ini terletak tepat setelah Desa Batubulan yang pasti akan Anda lewati dalam perjalanan ke Ubud. Selain itu, Pasar Tradisional Sukowati yang terkenal itu berada dekat dengan desa ini, jadi anda bisa singgah di desa Celuk lalu melanjutkan aktifitas belanja anda di pasar Sukawati.

Anda bisa bertanya ke siapa saja di pasar tentang arah ke Desa Celuk; mereka akan dengan senang hati menunjukkan jalanĀ  ke sana. Lingkungan ini menonjol dari sekitarnya, berkat galeri karya emas dan perak yang memangkas kedua sisi jalan.

Ini yang membuat desa Celuk menjadi salah satu tempat tujuan di dalam paket wisata Bali kami. Jika anda belum merasa yakin, maka anda bisa melihat beberapa perhiasan perak yang dihasilkan di desa Celuk di bawah ini….

perak desa celuk
Kerajinan Perak Bali

Bagaimana? Perhiasan ini sangat keren bukan?

Kabarnya dulu di desa celuk ini adalah desa yang penuh dengan petani. Namun ada 3 keluarga yang berasal dari kasta Pande menjadi ahli perhiasan emas dan perak untuk membuat aksesoris doa dan pemujaan di dalam agama Hindu. Oleh karena banyak wisatawan yang menyukai perhiasan ini, maka ada banyak warga yang mulai beralih dari petani menjadi pengrajin perak. Sangat luar biasa memang jiwa seni dari warga desa Celuk di Bali ini. Hanya dalam waktu yang singkat karya mereka bisa sangat dikenal dan diakui bahkan oleh para wisatawan asing.

Kawasan di desa Celuk memang beda. Anda akan merasa seperti berjalan di sebuah pameran perhiasan. Anda boleh melihat dengan dekat perhiasan ini jika anda tertarik, dan anda bisa membelinya jika anda benar-benar merasa suka dengan perhiasan ini.

Pada umumnya pengrajin perhiasan di desa Celuk ini bisa membuatkan perhiasan yang khusus untuk anda. Tapi untuk memastikannya anda bisa bertanya ke pemilik toko. Perhiasan ini berkualitas sangat baik dan sangat detil.

Pengrajin di desa Celuk pada umumnya cukup pandai berbahasa inggris, karena mereka sudah banyak berinteraksi dengan turis. Ini membuat banyak perhiasan dari desa ini yang sudah sampai ke pasar luar negeri.

Bagi anda yang penasaran mau mencoba membuat sendiri perhiasan anda; silahkan meminta izin ke pengrajin di desa Celuk ini. Tapi anda harus hati-hati karena panas dari perak ini bisa membuat tangan anda terbakar.

Lokasi Desa Celuk

Untuk anda yang mau berkunjung ke desa Celuk bisa mengikuti peta yang ada di bawah ini ya.