Hutan Monyet Ubud Yang Unik

Menikmati wisata dengan keluarga menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan. Jika Anda ingin berwisata fauna bersama keluarga, mengunjungi tempat wisata Bali di hutan monyet ubud bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda. Hutan monyet Ubud menawarkan satwa monyet yang dilepas bebas di alam. Lalu bagaimana cara pengunjung berinteraksi dengan monyet tersebut?

Keunikan Wisata Hutan Monyet Ubud

Sejarah Wisata Hutan Monyet Ubud

Hutan monyet Ubud merupakan salah satu tempat di Bali yang berada di komplek cagar alam dan pura yang dikenal dengan Mandala Suci Wenara Wana. Komplek tersebut pada awalnya memiliki misi untuk melestarikan kawasan menurut konsep Tri Hita Karana. Tri hita ini memiliki filosofi kata Tri yang berarti tiga, hita yang berarti kebahagiaan, serta karanan yang berarti penyebab kebahagiaan.

Berdasarkan filosofi tersebut, jika digabungkan akan menjadi tiga cara untuk sampai kebahagiaan lahir dan batin. Tri hita karana ini mengajarkan manusia untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis di kehidupan dunia. Dari ketiga hubungan ini menggabungkan keharmonisan sesama manusia, alam, serta Tuhan. Berdasarkan konsep ini maka Hutan Ubud Monyet ini menjadi daya tarik wisatawan.

Hutan Monyet di Ubud

Rute Menuju Hutan Monyet Ubud

Hutan monyet Ubud menjadi salah satu wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Untuk sampai di lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil maupun motor. Jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, menggunakan kendaraan umum juga bisa menjadi alternatif pilihan. Terlebih harganya lebih murah dan hemat.

Kendaraan umum yang bisa Anda pakai yaitu shuttle bus. Jadwal perjalanan shuttle bus ke Ubud tersedia dari jam 06.00, 10.00, 13.30, dan 16.30. Perjalanan shuttle bus ini akan berhenti di jalan Hanoman Ubud. Untuk tiket bus, Anda bisa mendapatkannya dengan harga 50 ribu. Namun jika hendak satu paket pulang pergi, menjadi 80 ribu. Lebih murah bukan?

Dari lokasi Hanoman Ubud, Anda harus berjalan kaki menuju hutan monyet Ubud. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1 km atau bisa mengendarai ojek dengan biaya 10 ribu.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Monyet Ubud

Memasuki wisata hutan monyet Ubud, Anda harus membayar tiket masuk untuk orang dewasa sebesar 50 ribu, sedangkan untuk anak kecil sebesar 40 ribu. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan yang ada di seluruh wisata hutan monyet Ubud.

Keunikan Hutan Monyet Ubud

Hutan monyet Ubud merupakan salah satu wisata cagar alam yang berlokasi di komplek candi Ubud. Di tempat wisata ini terdapat kurang lebih 600 ekor monyet yang berkeliaran bebas di 5 tempat. Diantaranya yaitu depan pura dalem, michelin, timur, tengah, serta kuburan. Monyet di tempat wisata ini sangat aktif ketika siang hari. Sehingga jika berencana mengunjunginya, sebaiknya persiapkan makanan.

Jika tidak membawa makanan untuk monyet, Anda bisa diikuti terus oleh monyet tersebut. Lokasi hutan monyet ini sangat terawat dan memiliki pepohonan yang sangat rindang dan sejuk.

Lokasi Hutan Monyet Ubud

Jika Anda berada di luar kota dan berencana berlibur ke Bali. Mengunjungi Hutan Monyet Ubud menjadi rekomendasi yang harus dikunjungi. Untuk menuju Bali, Anda bisa menggunakan jalur udara agar cepat sampai. Wisata hutan monyet Ubud ini berlokasi di jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia.

Jika Anda memilih start di bandara Ngurai Rai ke Ubud, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 36 km dalam waktu sekitar 60 hingga 90 menit, jika kondisi perjalanan tidak macet.