Pantai Pandawa, Kuta, Bali

Siapa yang tidak mengenal keindahan panorama Pulau Bali yang tersohor hingga ke mancanegara. Sama halnya dengan ketenaran yang dimiliki oleh Kuta, salah satu pusat wisata terbesar di Pulau Dewata tersebut. Kuta merupakan kawasan yang paling banyak didatangi oleh turis asing selain lokasinya merupakan tempat Bandara Internasional Ngurah Rai berada, di sana juga sangat banyak pusat hiburan malam. Menyebut kota Kuta pastinya yang ada di dalam benak kita adalah pantai.

Ya, Pantai Kuta memang salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bali bahkan sering dijadikan lokasi untuk film dan FTV. Tapi sebenarnya selain Pantai Kuta yang berada di tepian landasan bandara tersebut masih ada sebuah pantai yang letaknya tersembunyi tetapi menyimpan keindahan yang menakjubkan. Namanya Pantai Pandawa. Dikatakan tersembunyi karena letaknya ada di balik bukit dan 2 buah tebing. Terdapat pahatan patung Pandawa dan Dewi Kunti di salah satu sisinya.

Untuk lebih mengenal tentang Pantai Pandawa yang sedang digemari wisatawan tersebut catat terlebih dahulu beberapa hal penting mengenai pantai tersebut beriku ini.

Wisata Alam Tersembunyi Pantai Pandawa

Fasilitas di Pantai Pandawa

Sebagai kawasan wisata yang mulai dilirik oleh banyak wisatawan tentunya pengelola sudah menyiapkan banyak hal agar tidak mengecewakan pengunjung. Selain kita bisa berjemur di atas hamparan pasir pantai yang indah, di tempat wisata bali ini pengunjung juga bisa menikmati pijat sambil melihat ombak lautan. Pijat yang dilakukan di tepi pantai tersebut biasanya memiliki kisaran tarif antara 40-130 ribu rupiah tergantung jenis layanan yang diminta.

Fasilitas mendasar lainnya seperti toilet, area parkir kendaraan yang luas, resto dan sejenisnya sudah jelas banyak ditemukan di sana. Kalau Anda ingin melihat dan menikmati kesejukan angin pantai dari udara, di Pantai Pandawa disediakan fasilitas paralayang yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp. 400 ribu. Paralayang akan dilakukan dari atas Bukit Timbis yang berada di sisi pantai. Bukan itu saja, ada juga perahu Kano yang akan membawa Anda menjelajahi pantai.

pantai pandawa

Spot Foto Menarik

Di Pantai Pandawa pengunjung bisa mengabadikan momen dengan berfoto di sekitaran tebing. Spot terbaik adalah foto dengan latar belakang pahatan patung kelima ksatria Pandawa yang ada di tebing tersebut. Sayang rasanya untuk dilewatkan.

Tarif Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Pandawa pengunjung akan dikenakan tarif masuk dibawah ini :

  • Orang dewasa Rp. 8000 per orang
  • Parkir motor Rp. 2000 per kendaraan
  • Parkir mobil Rp. 5000 per kendaraan
pantai pandawa
pantai pandawa

Lokasi Pantai Pandawa

Pantai Pandawa berada di wilayah Kuta Selatan, Kabupaten Badung yaitu di Desa Kutuh. Pantai ini disebut juga dengan The Secret Beach karena lokasinya yang dibalik perbukitan serta diapit oleh 2 buah tebing dengan ukuran besar. Pada awalnya sebelum banyak orang yang tahu tentang pantai tersebut tempat wisata ini cukup sepi dan tenang. Namun akibat sering dijadikan lokasi syuting sekarang Pantai Pandawa cukup ramai oleh pengunjung.

Rute Menuju Pantai Pandawa

Bagaimana untuk bisa sampai di lokasi “pantai rahasia” tersebut? Cukup mudah sebenarnya hanya saja memang belum ada sarana transportasi umum yang tersedia jadi haruslah menggunakan model transportasi lainnya seperti taksi, mobil rental atau bus pariwisata. Dari kota Denpasar menuju Pantai Pandawa berjarak sekitar 27 kilometer yang bisa ditempuh melalui Tol Bali Mandara. Sedangkan dari Bandara Ngurah Rai berjarak sekitar 18 kilometer dan butuh waktu 1 jam untuk sampai ke pantai tersebut.

Itulah beberapa hal penting tentang Pantai Pandawa yang layak untuk dicatat sebelum berkunjung kesana.