Pasar Sukawati

Berpergian tanpa membeli oleh-oleh tentu akan menjadi hal yang janggal. Selain sebagai buah tangan orang di rumah, berbelanja oleh-oleh juga dapat menjadi kenang-kenangan jika Anda telah mengunjungi tempat wisata Bali tersebut. Harga yang tak lagi murah di pusat oleh-oleh memang mejadi momok bagi wisatawan dengan budget yang pas-pasan. Tapi jangan khawatir jika berlibur ke Bali ada pasar yang super murah.

Sukawati, ya pasar sukawati namanya. Pasar ini menjual berbagai barang oleh-oleh khas Bali dengan harga yang sangat murah. Barang yang dijualpun sangat beragam. Mulai dari makanan, pakaian hingga pernak-pernik khas Bali. Harga yang murah tetapi bisa menjadi mahal ketika pembeli tidak mengetahui trik untuk mendapatkan harga murah. Berikut beberapa trik yang dapat dicoba untuk berbelanja di pasar sukawati.

Beberapa tips belanja murah di Sukawati

Datanglah pagi hari

Sebagian besar pedagang di Bali mempunyai kepercayaan bahwa rejeki akan datang di pagi hari. Siapapun yang telah mendapatkan rejeki di pagi hari maka akan diberi kelancaran sampai sore hari. Ini menjadi trik untuk wisatawan yang ingin berbelanja. Datanglah ke pasar pada pagi hari maka kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Selain harga yang murah. Di pagi hari keadaan pasar masih cukup sepi. Sehingga pembeli dapat melakukan transaksi dengan leluasa tanpa tergesa-gesa. Ingatlah, waktu terbaik untuk berbelanja di pasar Sukawati adalah pagi hari, semakin pagi semakin baik!

Pasar sukawati

Ramah kepada penjual

Tips selanjutnya adalah bersikap ramah kepada penjual. Indonesia yang terkenal dengan penduduk yang ramah ternyata masih kalah ramah dengan negara lain loh. Ya, ramah memang menjadi kunci kunci utama dalam hal apapun tak terkecuali jual-beli. Pembeli yang ramah pastinya akan disegani oleh pembeli.

Agar terlihat semakin ramah kepada penjual maka gunakanlah sapaan khas Bali, “bli bli” untuk bapak dan “mbok” untuk ibu. Penggunaan bahasa daerah membuat penjual semakin tersanjung. Usahakan seramah mungkin untuk mendapatkan harga terbaik.

Survey harga sebelum membeli

Sukawati merupakan pasar yang sangat luas dengan berbagai ragam barang yang dijual. Penjual yang menjajakan dagangannya pun sangat beraneka ragam. Sebaiknya pembeli sudah merencanakan apa saja yang akan dibeli. Sehingga dapat menghemat waktu dan tahu tujuan apa yang akan dibeli.

Dari list belanjaan yang sudah ada, alangkah baiknya jika pembeli mensurvey harga terlebih dahulu dari penjual satu ke penjual yang lainnya. Kemungkinan terjadi selisih harga yang cukup besar. Banyaknya pedagang dengan beraneka ragam dagangan juga pantas menjadi pilihan untuk membeli.

Pasar sukawati
Pasar sukawati

Beli dalam partai banyak

Pembelian dalam partai banyak tentunya akan mendapatkan harga yang murah. Hal ini dimungkinkan karena hampir sebagian banyak penjual di Sukawati ini mengambil barang daganganya dari produsen secara langsung. Tentunya stok yang tersedia juga lumayan banyak dan harga yang dibanderolpun cukup miring daripada di pusat oleh-oleh konvensional.

Tawar harga

Tawar harga merupakan kunci terakhir dalam jual beli. Semurah apapun tempat pembelian jika tidak pandai menawar maka harga yang didapatkan akan menjadi mahal. Namanya juga pasar tradisional pastinya tidak akan lepas dengan tawar menawar. Semakin baik keterampilan menawar maka akan semakin murah pula harga yang akan didapatkan.

Sukawati memang menjadi pasar termurah dibandingkan dengan pasar lain. Jika dapat menawar dengan baik maka diskon yang diberikan tidak tanggung-tanggung bisa mencapai 50%. Penasaran kan untuk mengunjungi pasar ini? Pasar Sukawati buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00. Semakin pagi maka semakin baik untuk mendapatkan harga yang murah. Semoga bermanfaat!