Pasar Ubud! Surga Bagi Pemburu Oleh-oleh di Bali

Salah satu pasar tradisional di pulau dewata Bali yang terkenal dengan keunikannya adalah pasar Ubud. Ya! Pasar ini sangat tepat bagi pengunjung yang ingin berfoto ala selebgram. Siapa sangka pasar tradisional ini pernah menjadi tempat syuting film hollywood loh. Lokasinya dijamin keren dan kece abis.

Pasar Ubud memang menjadi destinasi unggulan tempat wisata Bali. Jadi wajar saja apabila tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Suguhan pernak-pernik khas Bali yang sangat lengkap menjadi daya tarik bagi pemburu oleh-oleh. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke pasar Ubud ada beberapa tips yang patut dicoba.

Tips memburu oleh-oleh di pasar ubud Bali

Waktu yang tepat

Pasar yang begitu ramai pengunjung ternyata bisa juga mempunyai waktu sepi loh. Kapan waktu terbaik mengunjungi pasar Ubud? Ya, waktu terbaik mengunjungi pasar ini adalah pagi hari. Lokasinya yang masih jarang pengunjung sangat memungkinkan untuk mendapatkan spot foto yang bagus dan instagramable.

Berbelanja di pagi hari juga mendukung pengunjung untuk mendapatkan harga yang sangat miring. Nah, kesempatan inilah yang memungkinkan untuk Anda mendapatkan harga terbaik.

pasar seni Ubud

List barang yang akan dibeli

Lokasi pasar Ubud sangat luas dan barang yang dijual pun sangat beragam. Perlu diketahui bahwa pasar Ubud ini dibagi menjadi dua kawasan. Pertama, kawasan sebelah barat digunakan untuk menjual kerajinan dan pasar sebelah timur menjual kebutuhan pokok. Sebaiknya siapkan list yang akan dibeli kemudian tentukan arah pasar untuk membeli apa yang dibutuhkan.

Survey barang terlebih dahulu

Sebelum membeli barang-barang yang sudah dipikirkan, jangan buru-buru untuk membelinya. Berkelilinglah terlebih dahulu untuk mendapatkan barang dan harga terbaik. Pasar Ubud dengan banyaknya penjual tentunya menjual berbagai barang dengan kualitas yang berbeda-beda. Jadi alangkah baiknya untuk mensurvey terlebih dahulu barang yang akan dibeli.

Tawar barang

Pasar tradisional memang tidak lepas dari sistem tawar menawar. Begitu juga pasar Ubud yang berlokasi di pulau dewata Bali ini. Untuk mendapatkan harga terbaik, pembeli harus pandai dalam menawar. Jika tidak pandai menawar maka bisa jadi pembeli akan mendapatkan harga yang mahal.

Beli dalam partai banyak

Pembelian dalam partai banyak sangat memungkinkan untuk mendapatkan harga yang sangat miring. Pedagang yang mengambil barang langsung dari produsen pastinya tidak dengan harga yang mahal. Pembelian grosir atau dalam partai banyak memungkinkan penjual akan memberi harga sangat miring. Jadi, belanja yang banyak ya.

Jangan bawa mobil pribadi

Area parkir yang dimiliki oleh pasar Ubud memang tidak luas. Bagi pengunjung yang menginap di area pasar Ubud sebaiknya pergi dengan jalan kaki. Jika penginapan jauh dari pasar Ubud maka dapat menyewa taksi ataupun sewa mobil agar tidak repot mencari tempat parkir. Penyewaan mobil dan sopir ini sangat menguntungkan karena selain tidak perlu mencari tempat parkir juga akan dijemput sesaat setelah selesai belanja.

Sangat disayangkan jika Anda berada di Bali namun tidak mengunjungi pasar seni tradisional Ubud ini. Lokasi strategis berada di pusat pariwisata Ubud dan jarak tempuh dari pantai Kuta hanya perlu waktu 30 menit saja. Jam buka pasar Ubud ini dimulai dari pukul 04.00 hingga pukul 18.00. Pengunjung cukup menyediakan biaya untuk berbelanja sesuai yang diinginkan.

Demikian ulasan tentang pasar Ubud. Jangan sampai menyesal karena tidak mengunjungi pasar unik ini. Semoga bermanfaat!