Pemandian Air Panas Banjar Bali

Wisata bali tidak hanya menyajikan wisata pantai saja, namun masih ada banyak wisata lain yang bisa dikunjungi baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Salah satunya yaitu pemandian air panas Banjar Bali. Pemandian ini terbentuk secara alami dan memberikan kenyamanan bagi siapapun yang mengunjunginya. Untuk informasi lebih lengkapnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Objek Wisata Pemandian Air Panas Banjar Bali

Penjelasan Pemandian Air Panas Banjar

Di obyek wisata ini terdapat 3 kolam air panas. Diantaranya yaitu kolam tingkat atas, kolam kedua di bawah tingkatan kolam pertama, dan kolam ketiga yang berada di sebelah barat kolam kedua, terpisah dari kolam yang lain. Pemandian air panas Banjar ini hampir setiap hari ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan yang datang memiliki berbagai kebutuhan seperti menenangkan diri dengan berendam di kolam panas, ataupun mengambil manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Berendam di pemandian air panas membuat betah setiap pengunjung dan tidak mudah bosan, berbeda jika berendam dengan air dingin.

Pemandian Air Panas Banjar

Kolam Panas Alami Banjar Bali

Kolam Air Panas Pertama

Kolam pertama berada di tingkatan paling atas. Kolam pemandian air panas ini memiliki lebar 1,5 meter dengan panjang kolam 12 meter. Pada kolam pertama terdapat 8 pancuran air panas dan memiliki kedalaman kolam sekitar 1 meter.

Kolam Air Panas Kedua

Kolam pemandian air panas kedua berada di bawah kolam air panas pertama. Kolam kedua ini memiliki panjang sisi 12 meter dan lebar sisi kolam 10 meter. Kolam kedua ini merupakan kolam terluas dari ketiga kolam yang ada di pemandian air panas Banjar. Kolam pemandian kedua memiliki kedalaman yang bervariasi, sehingga harus hati-hati ketika berendam.

Kolam yang dekat dengan pancuran memiliki kedalaman 1 meter dan jika diurutkan terus menerus akan menjadi lebih dalam yaitu sekitar 2 meter. Karena menjadi kolam terluas dan memiliki variasi ketinggian, maka kolam kedua ini sering menjadi kolam favorit bagi wisatawan.

Kolam Air Panas Ketiga

Kolam air panas yang terakhir berada di lokasi yang terpisah dari kolam pemandian pertama dan kedua. Di kolam air panas ketiga terdapat pancuran air setinggi 3 meter. Kolam air panas ini tidak terlalu dalam karena hanya memiliki ketinggian sedalam pinggang orang dewasa saja. Air pancuran yang jatuh di kolam ketiga ini lebih sering dimanfaatkan sebagai pemijat punggung belakang wisatawan.

Pemandian Air Panas Banjar
Pemandian Air Panas Banjar

Lokasi Pemandian Air Panas Banjar Bali

Pemandian air panas Banjar Bali berlokasi di sebuah desa di Bali utara. Desanya bernama Banjar dan berada di kecamatan Banjar kabupaten Buleleng. Ketika Anda berangkat dari ibu kota kabupaten Buleleng yaitu Singaraja, Anda harus menempuh jarak 19 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan untuk sampai di lokasi pemandian.

Jika Anda berangkat dari tempat wisata kuta Bali, untuk sampai tempat pemandian panas, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 90 km. Waktu tempuhnya bisa memakan waktu 3 jam kalaupun tidak macet.

Demikian beberapa penjelasan mengenai pemandian air panas Banjar Bali yang bisa Anda kunjungi. Meskipun jalan yang ditempuh untuk menuju lokasi pemandian air panas berliku-liku, namun pemandian air panas ini tetap ramai disinggahi pengunjung. Selain karena ingin berendam, tempat wisata bali ini juga banyak dikunjungi karena keindahan arsitektur kolamnya.