Pura Goa Gajah Bali

Bicara tentang tempat wisata di Bali, memang tidak akan pernah ada habisnya. Hal tersebut karena pulau ini yang terkenal akan potensi wisata yang begitu besar. Sehingga tidak heran jika banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke pulau Bali setiap tahunnya. Apakah Anda juga tertarik untuk menjelajahi potensi wisata di Pulau Dewata Bali ini.

Siapa bilang Bali hanya memiliki tempat wisata pantai dan danau saja, buktinya ada banyak tempat wisata di Bali selain pantai yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, edukasi hingga wisata budaya yang begitu mengagumkan. Bagi yang berencana untuk berkunjung ke Bali, pastikan untuk mengunjungi Pura Goa Gajah yang sangat terkenal. Apa yang menarik dari tempat ini? Simak ulasannya berikut.

Daya Tarik Pura Goa Gajah di Bali yang Begitu Mengagumkan

Hal Menarik di Pura Goa Gajah

Seperti yang diketahui, salah satu pura yang cukup terkenal di Bali ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tentu saja ada alasan mengapa banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke pura ini. Salah satunya yaitu karena Pura Goa Gajah memiliki daya tarik yang berbeda dan tidak dimiliki oleh pura-pura lainnya di Bali. Apa saja daya tarik yang terdapat di Goa ini?

1. Dalam Goa
Pada bagian dalam goa, pengunjung akan disuguhkan dengan dinding batu pedas keras yang menjorok kira-kira sekitar 5.75 meter. Pada bagian depannya dipenuhi dengan pahatan berupa sulur daun-daunan, kera, babi, dan batu karang. Pada bagian luar atau mulut goa ini diperkirakan memiliki tinggi sekitar 2 meter.

2. Kompleks Kolam Pertirtaan
Hal menarik selanjutnya yang bisa dinikmati di Pura Goa Gajah yaitu kompleks Kolam Pertirtaan. Kolam tersebut berada 11 meter dari sebelah selatan goa yang mana air kolam tersebut berasal dari sumber air yang lokasinya di sebelah timur goa.

Menurut cerita masyarakat setempat, kolam petirtaan ini ditemukan oleh Kriygsman pada tahun 1954. Pada saat itu Kriygman menjabat sebagai kepala kantor Purbakala di Bali. Pada bagian dalam kompleks petirtaan terdiri dari 3 kolam yang mana masing-masing dipisahkan oleh tembok.

3. Kompleks Tukad Pangkung
Selanjutnya ada kompleks Tukad Pangkung yang lokasinya tidak jauh dari kolam yakni sebelah selatan dari kolam petirtaan. Tempat yang ketiga dijadikan tempat untuk pemujaan oleh penganut agama Budha pada masa lalu. Bagi muslim diharapkan tidak mengikuti ritual tersebut dan berniat hanya untuk berwisata.

Di sana para pengunjung bisa melihat fragmen bangunan yang mana sebelumnya berupa pahatan pada bagian dinding. Fragmen bangunan tersebut diperkirakan merupakan candi tebing yang dulunya sangat terkenal di Bali.

pura goa gajah

Biaya Tiket Masuk Pura Goa Gajah

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke salah satu pura di Bali ini, Anda wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya tambahan untuk parkir sekitar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

kolam pemandian di Goa Gajah

Lokasi Pura Goa Gajah

Pura Goa Gajah ini berlokasi di Desa Bedulu Kecamatan Blatbatuh Kabupaten Gianyar, Bali. Jika ditempuh dari Denpasar jaraknya yaitu sekitar 26 Km dan 40 Km jika ditempuh dari Kuta, Bali. Jika dibandingkan dengan pura-pura lainnya di Bali, lokasi Pura Goa Gajah ini lebih mudah dijangkau karena berada di jalur utama Denpasar – Tampak siring. Jika Anda berencana untuk berkunjung ke sana namun masih bingung memilih rute yang mana, sebaiknya menggunakan aplikasi Google Maps agar tidak tersesat. 

Demikian sedikit ulasan tentang objek wisata pura Goa Gajah yang sampai saat ini masih terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat. Semoga informasi di atas memberikan inspirasi tempat wisata yang ingin Anda kunjungi selama berada di Bali. Selamat berlibur!