Pura Lempuyang

Bali masih menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Banyak sekali tempat wisata di Bali yang bisa dinikmati. Tak hanya wisata pantai atau wisata alamnya, wisata budayanya juga menjadi daya tarik tersendiri. Warisan wisata budaya yang recommended untuk dikunjungi yaitu pura lempuyang. Tidak hanya bangunannya yang indah, namun juga memiliki kisah yang menarik.

Hal Menarik tentang Pura Lempuyang

Penari Penjaga Gerbang Menuju Surga

Pura lempuyang berada di lokasi bukit birbis, kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Tempat ini dipercaya sebagai tempat sang hyang menempatkan dewa-dewi sebagai penjaga Pulau Bali agar terlindung dari bencana alam. Di pura ini terdapat satu gerbang yang dipercaya sebagai gerbang menuju surga. Untuk Anda yang gemar mengabadikan momen, tempat ini sangat instagrammable.

Selain berwisata budaya, Anda juga akan mendapat momen apik untuk mengabadikan foto. Dari arah gerbang, Anda akan melihat betapa gagahnya gunung agung. Pemandangan gunung ini menjadikan gerbang terlihat lebih indah.

Pura Lempuyang

Termasuk Komplek yang Besar

Pura lempuyang merupakan komplek dari beberapa pura. Jika ditotal terdapat tujuh pura dalam satu komplek besar ini. Jika Anda berencana memutari komplek pura secara penuh, kurang lebih Anda membutuhkan waktu 3 jam dengan berjalan kaki.

Sebagai Tempat Ibadah Umat Hindu

Pura lempuyang sebenarnya dipakai tempat ibadah bagi umat Hindu. Namun karena artistiknya yang indah, maka pura ini juga dibuka sebagai tempat wisata Bali. Pura ini telah dijadikan salah satu tempat yang suci di Bali oleh pemuka agama setempat dan memiliki ketinggian pura sekitar 1100 meter di atas permukaan air laut.

Pura Tertinggi di Pulau Bali

Ketinggian pura lempuyang ini sudah dijelaskan sebelumnya yaitu1100 meter dan telah menjadi satu-satunya pura tertinggi yang ada di Bali. Sehingga jika Anda berkunjung ke Bali, jangan lupa mampirlah ke pura lempuyang untuk sekedar melihat-lihat ataupun mengabadikan momen.

Tiket Masuk Pura Lempuyang

Jika Anda membawa motor sewaan, maka Anda bisa memarkirkan di tempat parkir secara gratis. Setelah itu Anda akan disambut oleh Bli Made yang menjadi pemandu wisatawan. Saat memasuki pura ini Anda memasuki loket masuk dan disuruh menggunakan sarung khas Bali. Anda bisa menyewanya dengan harga 10 ribu sebelum memesan tiket masuk.

Saat berada di dalam pura tidak boleh melakukan beberapa larangan yang sudah ditetapkan. Pura lempuyang merupakan tempat ibadah umat Hindu, namun tetap dibuka bagi umat muslim untuk sekedar berwisata dan tidak ada niatan untuk beribadah.

Pura Lempuyang
Pura Lempuyang

Perjalanan Menuju Pura Lempuyang

Jika Anda melalui titik awal di Kabupaten Karangasem, Anda harus melewati perjalanan sejauh 85 kilometer menuju pura lempuyang. Saat perjalanan menuju pura, pasti Anda akan dikejutkan dengan pemandangan yang disajikan. Dalam pemikiran, jika melewati jalan di Bali pasti akan melewati pantai. Namun berbeda jika hendak menuju pura lempuyang.

Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan salak, pegunungan, serta pedesaan dengan ciri khas adat Bali. Jika Anda berangkat dari kuta, Anda juga akan melewati Gianyar, sebelum belok ke arah klungkung dan akhirnya tiba di pura lempuyang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek bahan bakar karena jika kehabisan akan kesulitan mencarinya.

Namun jika Anda benar-benar lupa, Anda masih bisa menemukan penjual bahan bakar kendaraan ecer di pinggir jalan. Saat tiba di karangasem, Anda akan menemukan wilayah kecil dengan pemandangan terminal kecil. Di tempat tersebut, Anda bisa menitipkan kendaraan pribadi. Selanjutnya Anda bisa naik pick up untuk menuju pura lempuyang.