Sungai Ayung Bali

Siapa yang suka dengan olahraga ekstrim sekalian berlibur seperti rafting? Untuk bisa menikmati aktifitas ini terutama di Bali ada salah satu sungai yang bisa Anda jadikan destinasi yaitu Sungai Ayung. Penasaran kenapa harus melakukan rafting di Sungai Ayung ini? Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini.

Kriteria Sungai Ayung di Bali

Sungai Ayung ini termasuk salah satu pilihan sungai di Bali yang tepat bagi para rafting pemula atau level medium pecinta rafting. Sungai Ayung ini sendiri ternyata menjadi sungai yang terpanjang di Bali karena melintasi 2 kabupaten Bangli dan Badung, panjang sungai ini kira-kira  62 km dan bermuara di Selat Badung Sanur.

Bagi warga kota denpasar dan badung, Sungai Ayung pun yang menjadi sumber air bersih bagi dua Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Bali, yakni PDAM Kota Denpasar dan PDAM Kabupaten Badung.

sungai ayung

Kelebihan Sungai Ayung

Sungai Ayung ini sendiri memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan sungai lain khususnya jika digunakan untuk rafting. Pertama, dilihat dari segi lokasi,  sungai ini berjarak 10 kilometer dari pusat wisata Ubud dimana wisatawan yang menginap di kawasan Ubud Bali tentu tidak makan waktu untuk mencapai lokasi ini. Tapi jika ditempuh dengan mengendarai mobil atau motor dari Kuta atau Denpasar akan memakan waktu hampir 1 jam.

Dengan kritertia yang dimiliki sungai Ayung sendiri, tak heran jika sungai ini sangat cocok untuk pemula dengan tingkat kesulitan jeram di kelas II hingga IV. Di samping itu, pemandangan yang dimiliki sangat indah dan masih hijau karena masih ada lembah tebing dengan ornamen pahatan batu di sekitar tebing sungai.

Sungai Ayung yang ada di Ubud ini juga sangat cocok untuk rafting yang bersifat rekreasi. Mengapa demikian, karena saat menuju ke sungai Ayung ini nantinya akan  melintasi banyak villa-villa international dan luxury. Didukung juga dengan adanya tempat pemberhentian untuk santai sejenak setelah capek rafting. Tempat pemberhentian atau tempat istirahat tersebut memiliki spot Cliff Jump dengan ketinggian 4 meter.

Keunggulan yang lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan rafting di Sungai Ayung adalah Anda bisa menikmati spot air terjun dimana lokasinya yang cocok untuk dijadikan berfoto atau Anda juga bisa merasakan pijatan air terjun yang jatuh sangat deras di kepala Anda.

Kekurangan Sungai Ayung

Hal-hal yang sangat disayangkan dari Sungai Ayung ini jika dijadikan destinasi untuk rafting adalah akses dari lobby atau starting point ke bibir sungai harus melewati turunan tangga yang bisa dikatakan cukup banyak. Belum lagi akses dari bibir sungai ke lokasi restoran setelah selesai rafting juga harus menaiki sejumlah anak tangga yang cukup menguras tenaga.

Kelemahan lain dari sungai ini adalah arus jeram yang kurang kuat sehingga bagi yang suka tantangan dan professional jika melakukan rafting nantinya akan terkesan kurang menantang. Apalagi rutenya juga terbilang pendek jika dibandingkan dengan beberapa sungai lain di Bali yang biasa digunakan untuk rafting.

sungai ayung
sungai ayung

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang Sungai Ayung di Bali yang biasa digunakan untuk rafting. Bagi pemula tempat ini sangat disarankan untuk dijadikan destinasi saat liburan ke Bali dan ingin merasakan serunya arung jeram. Pulau Bali memang surganya orang berlibur, segala tempat wisata Bali yang seru ada di sini.

Yuk coba olahraga rafting ditengah-tengah liburan Anda dan rasakan sendiri keseruan serta manfaatnya untuk kesehatan Anda.