Sungai Telaga Waja Bali

Olahraga rafting atau biasa juga disebut dengan arung jeram memang seru dan sangat menantang. Bagi penggemar olahraga ekstrim, olahraga satu ini tentu masuk daftar olahraga yang harus dilakukan. Di Indonesia sendiri ada banyak sungai yang bisa dijadikan tempat untuk rafting. Salah satu tempat wisata Bali yang sangat sesuai dijadikan sebagai jalur rafting adalah sungai Telaga Waja yang sudah terkenal cocok sekali untuk melakukan olahraga rafting.

Untuk tahu alasan kenapa harus rafting di sungai Telaga Waja, yuk simak ulasan singkat tentang keunggulan atau kelebihan sungai Telaga Waja jika dijadikan sebagai tempat untuk olahraga rafting atau arung jeram.

Kelebihan Sungai Telaga Waja Untuk Rafting

Rute Panjang

Sungai Telaga Waja yang berada di Karangasem ini memiliki rute rafting 16 kilometer dan merupakan rute rafting terpanjang di Bali. Dengan panjang rute 16 kilometer yang dimiliki oleh sungai ini, nantinya Anda akan memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk menyelesaikan rafting atau arung jeram terhitung dari start point hingga finish point.

Perlu digarisbawahi, lama atau tidaknya waktu saat rafting sangat ditentukan dari kuatnya arus sungai dan kekompakan peserta rafting dalam satu perahu.

Sungai telaga waja

Anak Tangga Sedikit

Bagi mayoritas peserta rafting, hal yang tidak disukai saat melakukan olahraga ekstrim ini adalah menuruni anak tangga dalam jumlah banyak dari lobby menuju tepi sungai. Oleh karena itu penyedia rafting di sungai Telaga Waja telah mengatasi jumlah anak tangga dengan memilih lokasi lobby serta lokasi restoran yang dekat dengan tepi sungai.

Hal ini tentu lebih melegakan bagi para pengunjung karena tidak perlu lagi kelelahan menuju tepi sungai untuk memulai rafting atau saat kembali dari rafting ke tempat makan.

Cocok Untuk Liburan Keluarga

Sungai Telaga Waja ini sendiri mempunyai klasifikasi tingkat kesulitan di kelas II – IV. Untuk tingkat kesulitas rafting di level II-IV sangat cocok untuk aktivitas arung jeram bersama keluarga dan anak-anak. Artinya sungai dengan tingkat kesulitan level II-IV memadukan aktivitas rekreasi dan olahraga.Tidak heran jika melihat sebagian besar remaja dan anak-anak menyukai aktivitas rafting di sungai Telaga Waja ini

Sungai telaga waja
Sungai telaga waja

Bebas Polusi

Sungai Telaga Waja yang letaknya persis di sebelah timur laut pulau Bali tepatnya di kabupaten Karangasem. Dimana lokasinya masuk kawasan pedesaan dengan jumlah kendaraan yang relatif sedikit. Selain itu di kawasan sungai Telaga Waja hanya ada indutri rumahan, hal ini membuat udara di kawasan sungai Telaga Waja masih bebas dari polusi.

Pemandangan Cantik

Sungai Telaga Waja ini juga menyuguhkan lingkungan alam tropis dengan banyak pohon kelapa di tepi sungai. Selama berlibur di Sungai Telaga Waja ini, Anda akan melihat banyak sekali air terjun alami dan Anda tentunya juga dapat mengambil foto dengan teman Anda dengan air terjun alami sebagai gambar latar belakang foto.

Sunga di Bali sendiri sebetulnya ada tiga yang cocok digunakan untuk melakukan rafting atau arung jeram. Ada Sungai Ayung, Sungai Telaga Waja, juga Sungai Melangit. Ketiga sungai tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga keseruan yang dirasakan saat bermain rafting pun juga berbeda-beda sesuai dengan kriteria sungai itu sendiri.

Namun pada dasarnya ketiga sungai tersebut memiliki kesamaan yaitu udara yang bersih dan bebas daru polusi serta pemandangan yang disuguhkan terbilang cantik dan juga mempesona.
Saat Anda pergi berlibur ke Bali jangan lupa untuk mengagendakan rafting atau arung jeram di salah satu sungai tersebut. Rasakan sendiri keseruan bermain rafting apalagi jika berlibur dengan keluarga atau sahabat Anda.