Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencara atau sering disingkat dengan sebutan GWK merupakan salah satu destinasi dalam paket perjalanan wisata ke Pulau Dewata Bali. Tempat ini sudah ramai dengan kunjungan wisatawan bahkan sejak masih dalam proses pembangunan. Bukan hanya akan melihat patung garuda dalam ukuran yang sangat besar saja saat berkunjung ke GWK melainkan masih ada patung raksasa lainnya yaitu Dewa Wisnu. Kedua patung besar tersebut menjadi spot foto favorit.

Bukan hanya akan melihat patung besar saja jika Anda berkunjung ke kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana tersebut. Masih banyak lagi hal lain yang bisa ditemukan di tempat itu yang kaya akan muatan budaya setempat. Banyak event dan pertunjukan seni yang sering digelar di Taman Budaya GWK yang akan memberikan hiburan menarik bagi setiap turis yang datang. Secara formal kawasan wisata ini baru diresmikan pada September 2018 yang lalu.

Ada apa sajakah di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana tersebut sehingga rasanya sayang kalau tidak mengunjunginya. Temukan jawabannya dibawah ini.

Daya Tarik Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Mahakarya Patung Terbesar dan Menakjubkan

Destinasi wisata ini memang sangat identik dengan sebuah patung raksasa yang disebut dengan Garuda Wisnu. Bukan patung biasa karena membutuhkan proses yang panjang dalam pembuatannya serta ukurannya yang sangat besar. Patung Garuda Wisnu tersebut dikonsepkan akan memiliki ukuran setinggi 126 meter dengan lebar 60 meter, hanya saja hingga saat ini tingginya baru mencapai 20 meter saja.

garuda wisnu kencana

Tempat Wisata Terbesar

Pembuatan patung garuda dengan ukuran yang sangat besar bukan tanpa tujuan. Oleh I Nyoman Nuarta, seniman patung asli Bali yang merupakan lulusan dari Seni Rupa ITB Bandung, kawasan ini direncanakan menjadi tempat wisata Bali terbesar dengan menonjolkan budaya asli Bali. Perlu diketahu bahwa I Nyoman Nuarta merupakan pembuat Monumen Jalesveva Jayamahe kebanggaan TNI AL yang berada di Surabaya.

Banyak Pertunjukan Seni Budaya

Sesuai dengan nama yang diberikan yaitu Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana maka bukan hanya patung saja yang akan ditemukan di sana. Secara reguler ada pertunjukan seni yang digelar dan siap menghibur para wisatawan. Beberapa seni budaya lokal yang bisa disaksikan di GWK antara lain adalah Tari Barong dan Keris, Tari Kecak, musik instumental Bali dan masih banyak lagi. Untuk memastikannya Anda bisa melihat pada jadwal yang tertera di sana.

garuda wisnu kencana
garuda wisnu kencana

Tarif Masuk GWK dan Jam Operasional

Untuk bisa masuk dan berkeliling di Taman Budaya GWK, Anda harus membayar biaya masuk dengan perincian sebagai berikut :

  • Untuk anak-anak hingga 12 tahun Rp. 100 ribu per orang
  • Untuk dewasa Rp. 125 per orang
  • Biaya masuk ke kawasan patung GWK biaya Rp. 200 ribu per orang
  • Gratis biaya masuk untuk anak kurang dari 5 tahun dengan tinggi kurang dari 100 cm.
  • Dikenakan biaya bagi anak yang tingginya lebih dari 100 cm meskipun masih dibawah usia 5 tahun.
  • Jam operasional GWK adalah jam 8 pagi hingga jam 10 malam
  • Gratis menonton pertunjukan Tari Kecak pada jam 18.30 hingga 19.15 WITA

Lokasi Taman Budaya GWK

Anda bisa mengunjungi GWK dalam satu paket perjalanan ke lokasi wisata Pura Uluwatu dan juga Dreamland. Untuk lokasinya sendiri, GWK terletak di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai yang ada di Denpasar. Dengan catatan jika arus lalu lintas lancar dan tidak macet.