Tari Kecak Di Pura Luhur Uluwatu

Bali identik dengan tari khas daerahnya yaitu tari Kecak. Beberapa tempat terbaik untuk menonton tari Kecak diantaranya GWK (Garuda Wisnu Kencana), Ubud dan Uluwatu. Mana tempat terbaik dari ketiga pilihan tersebut? Jawabannya semua tempat memiliki kelebihannya masing-masing tak terkecuali tari Kecak Uluwatu.

Tari kecak ditampilkan setiap hari dengan jam pentas dari pukul 18.15. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke area Pura Luhur Uluwatu sangat disayangkan jika melewati pertunjukkan tersebut. Ada beberapa tips yang perlu dicatat ketika menonton Tari kecak Uluwatu.

Tips menonton tari kecak Uluwatu

Pesan tiket tari kecak

Pembelian tiket tari Kecak ini dibuka hingga satu jam sebelum pertunjukan. Melihat banyaknya pengunjung yang datang setiap hari, alangkah baiknya jika pemesanan tiket dilakukan jauh-jauh hari. Jika pengunjung sudah memesan tiket maka pembayaran paling lambat tiga hari sebelum waktu tiket itu berlaku.

hanoman dalam tari kecak

Cek ketersediaan tiket

Sebelum pengunjung memutuskan untuk menonton tari Kecak Uluwatu sebaiknya mengecek ketersediaan stok tiket terlebih dahulu ya. Ribuan pengunjung yang datang setiap hatinya memungkinkan untuk tidak mendapatkan tiket masuk. Pembelian tiket ini minimal untuk dua orang. Jangan sampai sudah jauh-jauh datang ke Uluwatu tetapi tidak kebagian tiket.

Gunakan kain yang telah disediakan

Lokasi pertunjukan di area Pura Luhur Uluwatu membuat aturan pura juga melekat dalam mononton pertunjukan tersebut. Gunakanlah kain yang telah disediakan. Ada dua jenis kain yaitu berwarna orange dan ungu, warna orange untuk pengunjung dengan pakaian tertutup dan celana atau rok panjang. Sedangkan warna ungu untuk pengunjung dengan pakaian dan rok atau celana pendek.

Jangan menggunakan perhiasan

Mengapa setiap masuk kawasan ini selalu diingatkan untuk berhati-hati pada perhiasan? Ya, alasannya tak lain adalah untuk keamanan pengunjung itu sendiri. Tempat wisata favorit di Bali ini sangat banyak monyet yang menyukai sesuatu yang berkilauan. Sehingga sebaiknya untuk tidak menggunakan perhiasan yang mencolok supaya tidak menyita perhatian si monyet.

Datanglah lebih awal

Tips selanjutnya adalah tips yang paling penting. Datanglah lebih awal sehingga dapat memilih tempat yang diinginkan. Carilah tempat menghadap ke laut agar dapat menikmati sunset ketika menunggu pementasan dari tari kecak Uluwatu. Momen ini adalah momen unggulan dari wisatau Uluwatu. Jadi sangat disayangkan jika melewati sunset tersebut.

Apakah tari kecak Uluwatu tetap digelar ketika hujan?

Tak dapat dipungkiri bahwa Bali merupakan bagian dari negara tropis yang mempunyai 2 musim yaitu kemarau dan hujan. Apakah ketika hujan tari kecak ini tetap tampil? Memang tari kecak uluwatu yang didesain seperti pertunjukan opera dilakukan diluar ruangan agar dapat menikmati sunset. Dengan pertimbangan menjaga keaslian tempat memang tidak didirikan bangunan untuk pertunjukan.

Berkunjung ke Uluwatu saat hujan? Jangan bersedih. Pertunjukan akan tetap dilaksanakan namun dengan tempat yang berbeda. Pertunjukan akan dilaksanakan di ruangan besar bagian bawah tangga dari Pura Luhur Uluwatu. Sehingga jangan khawatir tiket yang dibeli akan terbuang sia-sia.

Masuk lewat pintu selatan

Pengunjung yang baru pertama kali datang tentunya akan diarahkan untuk melalui pintu Utara yang menuju ke Pura. Bagi pengunjung yang hanya akan menikmati tari Kecak saja dapat langsung mengunjungi melalui pintu selatan. Sehingga langsung pada tempat pertunjukkan tari Kecak Uluwatu.

Berbicara tentang kelebihan tari Kecak Uluwatu tentunya bertanya berapa tiket untuk dapat menikmati pertunjukan tersebut. Tiket yang disediakan cukup murah yaitu 100.000 rupiah saja untuk setiap orang. Segeralah cek ketersediaan tiket jika akan menikmati tari kecak Uluwatu.

Lokasi Tari Kecak Uluwatu