Tirta Gangga

Tirta Gangga, salah satu destinasi wisata terkenal di Pulau Bali, tepatnya di Karangasem. Wisata ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya dapat dilihat dari view patung di air bak istana cantik yang megah. Anda dapat menikmati kilauan cahaya dari teriknya matahari di siang hari di sana. Tentu, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan di akhir pekan.

Di sini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang akan memberikan pengalaman baru dan menarik. Ini adalah sebuah taman dengan konsep air yang menyajikan keadaan yang sulit Anda temukan di tempat lain. Biasanya, ada banyak wisatawan baik lokal maupun non lokal yang berkunjung ke sana. Lalu apa sih hal-hal yang menarik dari tempat ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Istana Milik Kerajaan Karangasem

Perlu Anda ketahui, istana air yang menawan ini ternyata milik kerajaan Karangasem. Tak heran, ada banyak sekali bangunan serta patung yang seakan-akan merupakan peninggalan kerajaan. Ternyata, Raja Karangasem telah membangun istana air dengan nama Tirta Gangga pada tahun 1948. Mengapa beliau membuat taman ini?

Alasannya untuk memberikan penghormatan kepada masyarakat Hindu yang ada di Bali. Nah, nuansa khas Bali sendiri akan terasa ketika Anda berkunjung ke destinasi yang satu ini.

Tirta Gangga

Nama Gangga Berasal dari Bahasa India

Anda tentu sudah paham betul jika India memiliki peran penting dalam perkembangan agama Hindu. Ini bukan hal yang asing lagi, bukan? Nah ternyata, taman ini memiliki hubungan keterkaitan dengan India. Ya, hubungannya terletak pada namanya, Gangga. Gangga adalah nama sebuah sungai yang ada di India. Air Gangga dianggap sebagai air suci di India, sehingga sangat diagung-agungkan.

Kesucian air di sungai itu pun membuat mindset bahwa air di taman ini juga suci seperti sungai Gangga. Walaupun, letaknya di Indonesia, kesuciannya tidak akan pudar. Itu adalah kepercayaan mereka.

Pengunjung Dapat Berenang

Jika Anda berkunjung ke Tirta Gangga, jangan takut bila Anda akan jenuh karena hanya melihat-lihat pemandangan sekitar. Di sana, Anda bisa berenang di fasilitas Kolam Air Sanin. Airnya sangat jernih karena berasal dari air istana Tirta. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan air mancur di menara 10 tingkat yang keren, yang dinamakan dengan Nawa Saga.

Sumber Mata Air

Perlu Anda ketahui, mata air yang ada di taman ini terbilang sangatlah jernih. Air jernih ini merupakan aliran dari mata air Rejasa ke kota Amlapura. Jadi, mata Anda akan disuguhkan dengan jernihnya air di sana. Tentu, ini dapat membuat Anda lebih fresh kembali. Apalagi, di sekitar mata air ada tanaman-tanaman yang tumbuh lebat, hijau, nan asri. Pastinya, akan lebih memanjakan mata.

Tirta Gangga
Tirta Gangga

Harga Tiket di Banderol Murah

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata Bali yang murah, maka tempat ini bisa dijadikan solusinya. Di sini, Anda tidak akan dimintai biaya yang mahal. Hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp5000-an saja Anda sudah bisa menikmati berbagai keseruan yang ada di tempat ini. Nah, jika Anda ingin menggunakan fasilitas renang, Anda mungkin akan dimintai budget sebesar Rp6000 saja.

Itu tadi informasi dan fakta menarik seputar Tirta Gangga. Tempat wisata ini memang memiliki pesona yang memikat hati. Tentu, Anda sendiri juga tidak sabar untuk ke sana menghabiskan waktu liburan, bukan?