Pura Tirta Empul Bali

Siapa sih yang tidak kenal Pulau Bali? Pasti sebagian besar dari kita sudah sering mendengar walaupun belum pernah mengunjungi pulau dengan potensi wisata yang sangat besar ini. Bicara tentang tempat wisata di Bali memang tidak ada habisnya, mengingat ada banyak sekali tempat wisata menarik yang ada di sana. Mulai dari wisata pantai, danau, air terjun, sejarah dan masih banyak lagi.

Selain beberapa potensi wisata yang sudah disebutkan di atas, ternyata Pulau Dewata Bali juga memiliki banyak situs budaya yang tidak kalah indah dan mengagumkan. Dan yang sangat mengejutkan, hampir semua situs budaya yang ada di Pulau Bali masih tergolong aktif semuanya. Salah satu situs budaya yang sangat terkenal di Bali adalah Pura Tirta Empul. Apa yang menarik dari tempat ini?

Daya Tarik Pura Tirta Empul di Bali yang Tak Banyak Diketahui

Tentang Pura Tirta Empul

Seperti yang diketahui Pura Tirta Empul Bali merupakan sebuah pura kuno yang sampai sekarang ini masih berdiri kokoh di Bali. Jika ditelusuri lebih jauh, pura ini didirikan pada tahun 926 Masehi yang mana di klaim menjadi salah satu pura terbesar dan teramai yang ada di Indonesia.

Sekilas jika dilihat dari arsitektur dan reliefnya, pura ini dibangun dengan tujuan untuk dedikasi yang mana ditujukan pada Dewa Air Wisnu. Bagi yang tertarik mengunjungi pura ini, Tirta Empul terletak di Jalan Tirta, Tampak siring, Kabupaten Gianyar Bali.

tirta empul

Daya Tarik Pura Tirta Empul

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan dari tempat wisata yang cukup terkenal di Bali ini. Pada bagian dalam pura terdapat beberapa bagian yang mana masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Nah langsung saja, berikut ini beberapa ulasan terkait lokasi dari Pura Tirta Empul di Bali.
1.    Halaman Tengah
Ketika Anda memasuki pura ini, view pertama yang dilihat yaitu halaman tengah pura. Halaman tengah ini merupakan ruang terbuka besar yang terbuat dari batu yang ditata seperti tegel. Pada bagian ini para wisatawan akan berbaur dalam kelompok-kelompok kecil dan terdapat penjual-penjual lokal yang menawarkan dagangannya.
2.    Jaba Tengah
Daya tarik Pura Tirta Empul selanjutnya yaitu di bagian Jaba Tengah. Seperti yang diketahui, bagian ini merupakan bagian yang sangat terkenal dari Candi Tirta Empul. Di bagian ini terdapat dua kolam air yang biasanya digunakan mandi oleh para pengunjung pura.

Umumnya kegiatan yang dilakukan di dalam kolam tersebut yaitu melaksanakan ritual pemurnian diri atau dalam bahasa setempat dikenal dengan istilah Melukat. Namun perlu diingat, bagi pengunjung muslim di sarankan untuk tidak mengikuti ritual tersebut melainkan melihat saja pada bagian sampingnya.
3.    Jeroan
Setelah puas melihat upacara pemurnian di kolam Jaba Tengah, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan ke bagian Jeroan. Perlu diketahui, bagian Jeroan ini merupakan bagian terakhir dari Pura Tirta Empul Bali. Dari banyaknya bagian yang terdapat di dalam pura, Jeroan menjadi bagian utama atau inti dari Pura Tirta Empul ini.

Umumnya orang Bali yang datang ke pura bertujuan untuk melakukan sembahyang atau ibadah lainnya. Sehingga tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi ketika hari-hari besar di Bali. Untuk bisa masuk ke kawasan Pura Tirta Empul ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang.

Tentu harga tersebut masuk cukup terjangkau, bukan? Nah, itulah beberapa informasi seputar daya tarik yang terdapat di Pura Tirta Empul yang terdapat di Bali. Jadi bagi Anda yang berencana untuk melakukan liburan ke Bali, pastikan untuk mengunjungi pura ini untuk menikmati pemandangan pura yang masih bagus dan kokoh. Selamat berlibur!

tirta empul bali

Lokasi Pura Tirta Empul